Selain berwisata kami pun dapat belajar disini


september 21, 2019


Bojonegoro –Agroguna Bojonegoro adalah agrowisata sayur dan  buah yang dilengkapi dengan resto sehat dan pusat oleh-oleh. Agroguna juga menawarkan wisata petik sayur dan buah.  Bagi pelajar maupun masyarakat yang ingin belajar atau berwisata di kebun organik tak perlu jauh-jauh ke luar kota. Di Bojonegoro sekarang ini telah ada agrowisata Agroguna dengan beraneka tanaman sayur-sayuran dan buah-buahan non pestisida.
Menempati lahan seluas dua hektar (Ha), Agroguna yang terletak di Jalan A Yani No.43 Bojonegoro, tepatnya di Desa Tikusan, Kecamatan Kapas, itu merupakan wisata edukasi baru bagi masyarakat Bojonegoro. Di tempat ini, selain pengunjung bisa memetik sendiri sayur-sayuran yang diinginkan dengan harga yang terjangkau, pengunjung juga dapat mengkonsumsi langsung di Resto Agroguna Bojonegoro dan juga dapat belajar bagaimana cara mengembangkan tanaman dengan pupuk organik yang ramah lingkungan.

 “Di sini anak-anak bisa belajar berkebun dan mengenal lingkungan. Apalagi lokasinya lebih dekat sehingga tidak mengeluarkan biaya banyak,” kata Umi Kulsum, Guru Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Fathul Ulum Sumberjokidul, saat mendampingi anak didiknya belajar berkebun di Agroguna, Sabtu (21/9/2019).

Dalam kunjungannya itu ada beberapa kegiatan yang dilakukan para siswa di Agroguna. Yakni di awali dengan membaca buku bacaan di Sanggar Guna dilanjutkan melihat kebun organik untuk mengetahui jenis tanaman sayur-sayuran dan buah-buahan. Mereka juga diajari parktek langsung cara menanam tanaman.

Tidak hanya itu, para siswa dan siswi Madrasah Ibtidaiyah Fathul Ulum Sumberjokidul juga diajak langsung memetik buah tomat, kemudian mereka pun diajari bagaimana cara packing yang benar.

“Ada 19 siswa yang datang ke sini. Mereka kelas dua Madrasah Ibtidaiyah Fathul Ulum Sumberjokidul, dan didampingi oleh tiga guru pendamping. ” tegas Umi.
Dengan diadakannya kegiatan Contextual Teahcher Learning (CTL) ini diharapkan dapat menambah wawasan para siswa tentang cara berkebun dan mengenal lingkungan sejak dini. ”Imbuh Masyhudi, S.Pd.SD Kepala Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Fathul Ulum Sumberjokidul. 
Pengelola Agroguna, Wiwik Sri Wilujeng, berharap, dengan adanya Agroguna dapat menjadi wisata edukasi baru bagi masyarakat dan pelajar Bojonegoro. “Di sini masyarakat bisa belajar dan memetik sendiri sayur-sayuran dan buah-buahan dari kebun,” pungkas Wiwik.(l)