MIFU Sumberjokidul Melaksakan PAT di tengah pamdemi Covid-19


Sumberjokidul – Kondisi darurat pandemi covid 19 hingga saat ini belum berakhir. Kebijakan Penyelenggaraan Pembelajaran  Jarak Jauh  (PJJ) pada madrasah secara mandiri diperpanjang hingga tanggal 20 Juni 2020. Setiap Madrasah pun  diharuskan untuk segera menyelesaikan  Penilaian Akhir Tahun (PAT)  untuk kenaikan kelas sesuai dengan kalender pendidikan madrasah tahun pelajaran 2019-2020 seperti  halnya MI Fathul Ulum Sumberjokidul.

Mulai tanggal  8  s.d. 13  Juni 2020, MI Fathul Ulum Sumberjokidul menyelenggarakan PAT melalui luring yang dikerjakan dirumah siswa masing-masing, Untuk menghindari kerumunan massa dalam pengambilan naskah soal dan pengembalian lembar jawaban, kami mendirikan pos pantau PAT di 8 (delapan) zona wilayah yang berbeda, tiap zona terdiri dari 10 – 15 anak. Setiap pos disiagakan seorang guru yang bertugas membagikan naskah soal dan menerima lembar jawaban siswa serta keliling memonitoring pelaksanaan PAT ke rumah siswa yang berada di zona masing-masing,

Dalam pengambilan naskah soal dan mengembalian lembar jawaban ujian kami tetap mewajibkan siswa untuk mematuhi protokoler kesehatan yaitu, mereka wajib memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak, kami juga menyediakan masker bagi siswa yang kelupaan membawa masker saat mengambil naskah soal.

Untuk mengikuti PAT, seluruh siswa diharapkan mengikuti panduan yang sudah ditetapkan madrasah, antara lain pada pukul 06.30 s/d 07.00 peserta melaporkan kesiapan di group WA kelas masing-masing dan pukul 07.00 s/d 07.30 peserta berangkat menuju pos pantau masing-masing untuk mengambil naskan soal, sehingga mulai 07.30 seluruh peserta mulau mengerjakan soal sesuai jadwal yang sudah diumumkan.

Masyhudi Kepala MI Fathul Ulum Sumberjokidul mengatakan pelaksanaan PAT dihari pertama hingga berita ini ditulis sudah sesuai dengan yang diharapkan yaitu semua peserta ujian telah menerima soal ujian dan melaksanakan ujian tersebut dirumah masing-masing sesuai dengan petunjuk panitia dan juga protokol kesehatan.

“Hingga siang ini tidak ada wali kelas atau guru mata pelajaran yang menerima komplin dari peserta ataupun permasalahan yang serius,” katanya Kamis (11/06/20) diruang kamad.

Masyhudi menerangkan jumlah peserta PAT dari kelas 1 s.d 5 yang berjumlah 116 orang tersebut semuanya telah diberikan arahan dan bimbingan tentang petunjuk dalam mengerjakan pada saat soal diberikan.

“Karena dikerjakan dirumah, kami selalu mengingatkan agar soal tersebut benar-benar dikerjakan mereka sendiri tanpa bantuan orang lain ataupun lewat media lainnya demi melatih karakter dan sifat kejujuran pada mereka,” terangnya.

Masyhudi berharap untuk hari-hari berikutnya pelaksanaannya juga berjalan lancar tanpa mengalami kendala apapun seperti pendistribusian soal baik penyerahan maupun menerima kembali hasil jawaban.

“Semoga saja tidak ada anak yang lambat dalam menyerahkan hasil jawabannya ke pos pantau” imbuhnya. [hd]